+62-251-8423005 Fax: +62-251-8423004 ab2ti.pusat@gmail.com
Hari Sabtu, 23 September 2023, Safari Ketua AB2TI, Prof. Andreas Santosa dimulai.
Pada pukul 07.00 WIB, rombongan meninggalkan Bogor melewati tol Jagorawi menuju Sukolilo, Pati, Jawa Tengah. Setelah beristirahat di area peristirahatan, untuk sarapan dan mengisi bahan bakar, perjalanan dilanjutkan dan tiba pukul 16.43 di Sukolilo, di tempat kediaman sedulur SIKEP, mas Gunretno. Pembicaraan santai seputar RMP, isu impor dan harga beras adalah selingan sambil bersitirahat.

Pukul, 19.00 WIB kegiatan dilanjutkan ke lokasi acara utama yaitu melihat pagelaran wayang kulit dan ritual adat masyarakat setempat “Luruh Banyu”, dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional. Acara tersebut dihardiri oleh Roy Marten, Dwi Ryan dan beberapa figur pulik. Seusai acara Luruh Banyu, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi santai terkait frasa SIKEP dan Kendeng Lestari hingga pukul 03.20 WIB, bersama-sama dengan sedulur SIKEP , yang juga dihadiri oleh tokoh tokoh sedulur SIKEP dari wilayah lain.

Minggu, 24 September 2023 pukul 06.58 WIB. sesudah mandi dan sarapan, kembali berlangsung diskusi santai sembari menunggu keberangkatan ke lokasi acara yang ke dua. Pukul 08.08 WIB, berangkat ke lokasi penanaman di Gunung Kendeng di area bukit alang alang, sebagai simbol penolakan pendirian pabrik semen di wilayah gunung Kendeng. Acara dibuka oleh Mas Gun dan diiringi nyanyian Wiji Kendeng (generasi penerus sedulur SIKEP) dan dilanjutkan dengan penanaman dan diskusi di bawah pohon jambu mete tentang perjuangan sedulur SIKEP mempertahankan tanah leluhur.

Kegiatan di Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, usai sudah. Sasaran berikutnya adalah Karangmojo, Gunung Kidul, di kediaman Bapak Suratman. Rombongan Safari AB2TI berangkat Pukul 11.45 dan tiba di kediaman bapak Suratman pada Pukul 17.04 disambut langsung oleh Bapak Suratman. [JGS]